a surga game: Tips Bermain PointBlank

Selasa, 10 Agustus 2010

Tips Bermain PointBlank

Bismillah
Buat agan2 yang hobi bermain point blank, ini saya mau coba sharing hasil coba main selama sebulan ini. Khusus untuk weapon, mohon maaf, yang saia bahas cuma yang pake point, bukan yang cash. Maklum, saya fakir miskin tiada berdaya bila harus merogoh kocek lebih dalam.
0. Bila agan2 semua sering main Counter Strike sebelumnya, sepertinya tidak akan mengalami kesulitan berarti waktu di point blank. Karena eh karena, mode permainannya mirip, yang beda cuma grafis dan ada leveling grade, dengan pilihan senjata lebih banyak, dan tentu mode permainan yang lumayan lebih mengasyikkan.
1. Skill versus modal
Jangan pernah takut untuk bermain walau kita tidak punya cash. Ingat, skill di atas segala-galanya. Kalau kata orang bijak, bila Anda tak punya uang, Anda harus pintar! Sering2 lah berlatih.. Dan jangan tinggi hati bila sudah jago, makanya nanti ajarin saya ya? (hlo?)
2. Experience dan point
Untuk meningkatkan experience, sering2lah bermain di Bomb Mission karena exp yang didapat cenderung lebih besar, walaupun di hasil akhir agan mendapat posisi paling bontot di papan skor. Tapi bila Anda ingin menyelesaikan mission (mission dapat dibeli dengan point) maka saran saya, lebih baik pilih mode Death match. Katakan agan kepengen menyelesaikan mission 3 head shot, K400 use, dan 1 double kill. Maka, pilihlah room death match yang sudah berjalan hingga game hampir selesai. Kenapa? Karena dengan begitu, agan tidak buang2 uang dan waktu untuk bermain di mode permainan dengan experience rendah. Rugi kan? Masak mesti nunggu lama hanya untuk menyelesaikan mission yang gampang dan hasilnya experience cuma dikit? Apalagi kalau semisal koneksi internet putus di tengah jalan. Sebagaimana agan2 ketahui, mission yang telah selesai akan dianggap hangus bila kita keluar dari permainan (baik akibat disengaja (exit) atau karena koneksi terputus dari server).
Bunuh banyak berarti juga dapet exp banyak, point banyak. Kalau point sudah cukup dan tidak ada mission yang mesti diselesaikan, lebih baik gunakan point untuk membeli mission baru. Karena bila kita kebelet pengen beli senjata bagus (misalnya MP7 yang harganya 22000), maka kita akan kesulitan untuk meraih point lagi. Kalau pakai mission, insya Allah bakal untung. Misal, harga mission goceng, bisa2 kita dapet 20000 point kalau semuanya selesai, tergantung missionnya.
3. Pilih2 teman, lawan main, dan clan. Kalau agan2 masuk ke room tertentu yang mencurigakan, misalnya salah satu tim berpangkat diamond semua, sedang sisanya berpangkat tengkorak semua. Biasanya itu cuma ajang pembantaian sahaja. Atau misalnya ada dua orang saja di salah satu tim (dengan pangkat yang rendah), sedang yang lain keroyokan, mungkin saja yang dua orang itu udah pake jampi2 kuadrat untuk membuat agan mengira “ah, cuma lawan dua orang masak gak menang?”. Karena eh karena, kalau kita cuma ngelawan 2 orang, kemungkinan killnya jadi lebih sedikit.
4. Practice, practice, practice.
Tidak ada cara lain untuk menjadi jago kecuali dengan berlatih. Semakin sering kita berlatih, maka tingkat kepekaan akan semakin tajam, keakuratan tembakan agak meningkat, serta peluang untuk memperbesar killing rate dan headshot. Bersifat tenanglah. Jangan banyak bacod kala game berlangsung. Fokus pada permainan, dan selalu respect kepada lawan apalagi kawan. Jangan pernah menyalahkan kawan, room master yang bikin lag, atau hal2 di luar sana. Ingat golden rule: Anda harus menghormati orang lain sebagaimana Anda ingin dihormati oleh orang lain. Ini hanyalah permainan. Ada menang ada kalah, bersenang2lah. :)
=================================
Shortcut Keyboards

Left click : menggunakan senjata
Control : duck
Shift: jalan pelan2 (tanpa suara) banyak anak2
Tab: melihat papan skor (juga ada informasi tentang room dan server yang kita sedang pakai)
1-6: mengganti senjata(atau dapat juga dengan memakai fitur scroll di mouse), 1 main weapon (SMG, assault riffle, dsb), 2, secondary weapon (pistol), 3 melee alias pisau, 4, K400, 5, smoke grenade, 6, bomb (dipakai pada bomb mission)
ASDW: arah (a kiri s mundur d kanan w maju)
ZXC: radio panggil
Q: mengganti senjata dengan cepat (misal sebelumnya pakai pistol, sekarang pakai main weapon, maka begitu kita teken Q sekarang kita pakai pistol lagi)
F: membalikkan badan dengan cepat. Berguna untuk mengetahui apakah ada orang di belakang kita (bokong)
Space: lompat (berguna untuk menghindari tembakan dari musuh)
Enter: chatting. Tekan sekali lagi untuk mengirim cingcong. Untuk mengirim ke hanya clan, tekan F4
B: pada senjata tertentu seperti P90, mengaktifkan laser atau dual mode (pada kriss)
F8 : mengambil screenshot
Right click: ngeker/mengaktifkan teropong pada sniper atau senjata tertentu
+ / – : digunakan untuk zoom in dan zoom out radar
M: menampilkan keseluruhan map
=================================
Tips Head Shot

0. Beri tanda di dinding dengan ketinggian setinggi kepala
1. Semua player di PB bertinggi sama, sehingga kita bisa jadikan tinggi badan teman sebagai acuan. Setelah pas di kepala teman, usahakan jangan terlalu sering menggerakkan pointer secara vertikal.
2. Kalem. Yakin bisa kena kepala.
=================================
Legenda Map

Fungsi dari map atau radar sebenarnya sama, untuk menampilkan posisi kita, teman2 kita, dan kondisi lapangan tempur. Bedanya kalao map lebih gede, itu aja. Nah, cara bacanya sebagai berikut.
- titik putih: menandakan teman kita. Sebenarnya bila option diset default, maka kita bisa melihat lokasi teman kita tanpa menggunakan map/radar, karena nama teman kita akan “nampak” seperti menembus dinding. Semakin besar ukuran tulisannya (tulisan nama teman kita), itu menandakan bahwa posisi teman kita akan semakin dekat dari kita.
- titik merah: itu berarti teman sedang melakukan fire, entah itu memang benar2 ada kontak dengan musuh, atau cuma iseng2 nembak kagak jelas.. Hahahaha..
- silang merah: nah, ini artinya ada bendera kuning nih.. Itu berarti teman kita telah modyar alias koid alias mati syahid… Wakakaka.. Kalau agan adalah teman yang baik, begitu teman ada kontak senjata dengan musuh, kudunya langsung disamperin untuk backup atau setidaknya kita bisa tahu posisi musuh ada di mana. Semakin lama waktu kematian, maka warna merahnya akan berangsur2 memudar agak blur gimanaaa gitu (yah, pokoknya beda aja lah.. Susah kalao gak ada screenshot)
=================================
Tips Menggunakan Kuping

Inilah salah satu keunggulan PB, yakni kadar realitas suaranya hampir mirip dengan perang sesungguhnya. Mislanya agan matek karena diheadshot, maka akan terdengar bunyi ngiiiinngngg seperti berdengung yang lama. Atau misal mati kena gorok pisau, maka akan ada suara seperti “aakkhhh…. ekh… ekh ekh…”. Begitu pula kalau ada teman kita yang koid. Suara amat membantu dalam meraih kemenangan juga loo.. Maka dari itu, saran saya, gunakanlah headset di warnet atau gunakan speaker yang mantap sekalian! Karena suara itu penting. Adalah salah kaprah kalau agan2 semua malah justru main PB sambil dengerin lagu2… ^^ Berikut adalah suara2 yang penting untuk didengar.
0. langkah kaki.
Di sini berlaku hukum Dombleh, eh.. salah.. Siapa itu namanya? Dogger? Ya pokoknya itulah.. kalau sumber bunyi bergerak mendekat, bunyinya makin kenceng, dan sebaliknya kalau makin jauh berarti bunyi makin pelan. Misal agan lagi ngumpet dan mendengar suara langkah kaki, silakan pakai feeling aja gan.. Atau pas musuh lari sama lompat2 kayak kodok, suaranya juga beda loh gan… kalo lompat itu seperti “brabrak…(silent sebentar) brabrak…”. Kalo lari “brak brak brak brak..”. Kalau bunyinya, “preeeeeeeeett… pret pret pret.. ceplung ceplung ” itu berarti musuh Anda lagi boker.. :D
1. reload
Yang paling kentara kayaknya shotgun. Nah, di sini juga mata perlu awas gan.. Kalo ada peluru bergerak dari arah musuh ke dinding kita (lihat lintasan pelurunya, kalau perlu perhitungkan pula berapa banyak pelor yang telah keluar dari arah musuh) (tapi kitanya lagi ngumpet), maka kalau ada suara reload + langkah kaki mendekat + jeda, maka itulah saatnya bagi agan untuk keluar dan memanfaatkan momen sekitar 1-2 detik itu untuk melabrak musuh. Dan.. jeder.. menjadikan istrinya janda.. :D
2. ganti senjata
Bunyinya juga khas, kira2 seperti “cek crekg..crog..”, jadi kita bisa tahu kalau ada orang di deket kita lagi ganti senjata. Nah, usahakan pula untuk tidak terlalu sering menekan Q (ganti senjata secara cepat), karena suaranya akan membuat kita bakal ketahuan ama musuh. Entah ini perasaan saya saja atau tidak, sepertinya kalau soal suara itu akan terasa sekali kalau kita berada di lorong, lantai papan, dan sejenisnya daripada misal di field yang gede (lapangan terbuka dan sejenisnya)
3. Bunyi grenade jatuh
Kalau ada bunyi, “tring ting ting ting…” seperti sebuah benda menggelinding, nah ati2 tuh Bos.. :)
=================================
Miscellaneous Tips

0. Jangan sayang pelor
Pelor murah, jadi kalau memang sedang desperate, arahkan saja pelor Anda ke arah tempat musuh setingi kepala, biar kalau kebetulan nasib musuh Anda lagi sial, dia bakal kena headshot untung2an Anda.. :D
1. smoke bukan untuk mainan
Gunakan smoke grenade dengan bijak, karena terkadang sangat berguna sekali. Sperti contohnya, ada dua jalur menuju tempat musuh. Kita lempar smoke ke jalur satu (dan membuat musuh mengira kita akan lewat situ), terus lari deh ke jalur satunya lagi. Musuh bakal terkejut dan mati kena serangan jantung.. :D
2. Kalau mesti mati, matilah di tempat yang tepat
Agan pada tahu kan, kalau di death match itu kita bisa melihat sekeliling tempat kematian kita (istilah kerennya, jadi observer) selama kurang lebih 4 detik sebelum kita bisa respawn alias reinkarnasi ke dunia ini kembali untuk melakukan amal kebaikan.. :D (bisa lebih lama kalau agan tekan tombol T untuk ganti senjata). Nah! Manfaatkanlah kesempatan itu untuk melihat dimanakah posisi pembunuh agan, untuk membalas dendam. Atau kalau agan mati di tempat respawn musuh, bisa lihat posisi sniper musuh ada di mana. Bisa jadi, kebetulan mereka itu bercokol pada tempat yang sama, dan tidak pindah2, rame2 lagi.. Nah, kan tinggal lempar K400 tuh.. Jeder, matilah mereka secara berjamaah. :D
3. Ingatlah untuk selalu mengatur nafas saat bermain.
Ini melatih kita untuk tetap tenang, dan denyut jantung tetap normal. Jangan memaksa diri kalau memang sudah capek.. Nanti bawaannya bete terus dan selalu uring2an gak jelas, seperti banyak bacod dan menyalahkan kawan satu tim.. :D
4. Sebelum masuk bermain di sebuah room, lihat profil masing2 pemain dalam rebel dan counter terorist. Usahakan main dengan player yang jago banget, bisa dilihat dari percentage kill/death atau headshotnya.. Ya memang sih gak selalu orang yang perbandingan kill/death nya gede itu pasti jago main, tapi setidaknya kita mesti pilih2 kawan juga kan? Daripada menyesal karena salah pergaulan.. :)
5. Ini mungkin cuma perasaan saya saja, mohon koreksi kalau salah. Baju rebel or CT itu kadang juga pengaruh, misal di map library. Kayaknya (sekali lagi, ini mungkin cuma perasaan saya saja), lebih enak jadi Rebel coz baju CT yang biru2 itu kontras banget dengan warna dominan di map (yang cenderung mirip warna baju rebel).
6. Kalau perlu, bawa sendiri keyboard dan mouse dari rumah.. :)
7. Untuk senjata yang paling yahud untuk dibeli (bila agan mau beli yang pake point aja tanpa pake cash), menurut saya adalah…. TERSERAH! Karena bagus enggaknya senjata sebenernya tergantung dari si pemakainya, mungkin ada orang yang kalem kalau make sniper, atau cuma mp7. Dibanding senjata2 cash item, boleh jadi dari segi banyaknya pelor dan laen2, spesifikasi senjata point item lebih rendah kualitasnya. Tapi ingat, kadang di dunia ini ada hal2 yang tidak bisa dibeli dengan uang (bujug bunengg..bahasanya pilsapat banget dah!), salah satunya adalah skill bermain. Jadi jangan keder duluan ya.. :) Untuk list main weapon yang point item, silakan agan klik di mari (http://apps.prabowomurti.com/pbweapons.php) untuk melihat lebih detail (udah saya bikinin tuh gan, tapi mohon maaf ya kalau datanya kurang akurat.. :p )
=================================
Penutup

Tulisan ini hanyalah sekelumit saja dari pengalaman pribadi, yang tentu banyak kekurangannya. Mohon koreksinya kalau ada data yang salah, dan tambahan kalau boleh silakan taruh di comment. Terima kasih, dan salam sehat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar